IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA

DIOCOLANO, NORHANA GUIALANI (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM CAMBRIDGE DI SEKOLAH DASAR KHADIJAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190005_abstract.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-21845.html

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh perubahan kebijakan kurikulum di Indonesia terus terjadi karena dianggap belum sesuai dengan harapan sehingga beberapa sekolah menerapkan kurikulum intenasional dalam pembelajaran. Kurikulum Cambridge menitikberatkan pada pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan siswa berpikir kritis, dan pembelajaran berbasis pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya, menganalisis sekaligus faktor pendukung dan penghambat penerapan kurikulum Cambridge, dan untuk mendeskripsikan kelebihan dan kekurangan penerapan kurikulum Cambridge yang ada pada sekolah tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan sampel sejak awal. Sampel penelitian ini terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan guru di SD Khadijah Surabaya. Penulis menggunakan Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display data), verifikasi dan kesimpulan (conclusions drowning verifying). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas data, dependabilitas, dan uji konfitmabilitas. Hasil penelitian yang berjudul implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya meliputi tiga tahap yaitu a) perencanaan, b) pelaksanaan dan c) evaluasi. Dalam tahap perencanaan terlihat mulai dari persiapan framework Cambridge dan RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Kurikulum Cambridge dilaksanakan dengan baik dalam kegiatan pembelajaran yang di dukung dari media pembelajaran, textbook dan berjalan dengan active learning. Penerapan kurikulum ini melalui pembelajaran untuk pendukungnya dan ekstrakurikuler untuk pendalamannya. Kurikulum Cambridge di aplikasikan dari tiga mata pelajaran yaitu English, Science, dan Mathematics. Tahap evaluasi dalam implementasi kurikulum Cambridge di Sekolah Dasar Khadijah Surabaya telah dievaluasi dengan baik melalui check progression test atau (CPT) untuk siswa kelas I hinggan kelas V dan checkpoint untuk siswa kelas VI dan ujian ini dilakukan sekali setahun. Hasil ujian ini tidak ada standar kelulusan bagi siswa hanya untuk pemetaan kemampuan belajar siswa.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorNafiah, NafiahNIDN0723128403nefi_23@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Implementasi kurikulum, kurikulum Cambridge
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 21 May 2019 03:08
Last Modified: 12 Apr 2023 06:58
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/4779

Actions (login required)

View Item View Item