GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GANGGUAN BELAJAR PADA ANAK KELAS 1 SD DI SDN I BALONGTANI KEC. JABON KAB. SIDOARJO

A'DAH, NUR SOFIYAHTUL (2007) GAMBARAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GANGGUAN BELAJAR PADA ANAK KELAS 1 SD DI SDN I BALONGTANI KEC. JABON KAB. SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT01234_abstract.pdf

Download (509kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-6881.html

Abstract

Gangguan belajar adalah gangguan pemusatan perhatian yang ditandai dengan adanya ketidakmampuan anak untuk memusatkan perhatiannya pada sesuatu yang dihadapi dan dapat menimbulkan dampak seperti anak menunjukkan prestasi belajar yang rendah, hasil belajar yang dicapai tidak seimbang dengan usaha yang dilakukan sehingga anak menjadi pemurung, pemarah, selalu bingung, dan anak selalu sedih atau kurang gembira. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan ibu tentang gangguan belajar pada anak kelas I SD di SDN Balongtani Kecamatan Jabon Kebupaten Sidoarjo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilaksanakan secara cross sectional, sampel penelitian terdiri dari 20 ibu yang mempunyai anak kelas I SD di SDN Balongtani Kecamatan Jabon Kebupaten Sidoarjo. Pemilihan sampel dengan menggunakan tehnik total sampling. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2007 adapun cara pengambilan data adalah dengan menggunakan instrumen penelitian berupa kuesioner yang hasilnya kemudian ditabulasikan dan di kelompokkan sesuai dengan variabel yang diteliti. Serta dituangkan dalam bentuk distribusi frekuensi kemudian di bahas secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan ibu tentang gangguan belajar setengahnya termasuk cukup (50%), sedangkan hampir setengahnya termasuk baik (30%) dan sebagian kecil termasuk kurang (20%). Penelitian ini menggambarkan bahwa pengetahuan ibu tentang gangguan belajar pada anak kelas I SD di SDN Balongtani adalah cukup. Diharapkan ibu dapat mengatasi gangguan belajar pada anak sehingga anak dapat belajar dengan baik dan bagi institusi pendidikan diharapkan mengadakan pertemuan wali murid agar orang tua tahu bagaimana keadaan anak di sekolah.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan, Gangguan belajar.
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ499-507 Mental disorders. Child psychiatry
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Midwifery
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 14 Jun 2019 01:32
Last Modified: 14 Jun 2019 01:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5008

Actions (login required)

View Item View Item