HUBUNGAN TIPE KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 33 SURABAYA

NINGTIYAS, EKA PURNAMA (2007) HUBUNGAN TIPE KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 2 SMP NEGERI 33 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT01235_abstract.pdf

Download (248kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-6882.html

Abstract

Remaja atau adolensi merupakan masa transisi seorang individu dari masa kanak-kanak menuju dewasa. Oleh sebab itu remaja dituntut belajar untuk mencapai suatu keberhasilan atau prestasi belajar dalam hidupnya. Berhasil tidaknya remaja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya keluarga atau tipe keluarga. Untuk itu penulis mengadakan penelitian dengan judul "Hubungan Tipe Keluarga Dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas 2 SMP Negeri 33 Surabaya." Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan tipe keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas 2 SMP Negeri 33 Surabaya. Penelitian ini menggunakan desain analitik dengan populasi seluruh siswa Kelas 2 sebesar 260 siswa. Sedangkan besar sample sebanyak 65 responden yang dilaksanakan dengan teknik simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah tipe keluarga sebagai variabel independent dan prestasi belajar sebagai variabel dependent. Penelitian ini dilaksanakan mulai tanggal 10 - 16 April 2007. Data diambil dengan cara menyebarkan kuesioner serta nilai rata-rata kelas 2 kemudian dilakukan pengolahan data hasilnya disajikan dengan bentuk tabel. Data dilakukan uji statistik dengan Uji Chi-Square (a= 0,05). Hasil penelitian ini menunjukkan siswa kelas 2 SMP Negeri 33 Surabaya, 70,8% dengan tipe keluarga kecil, 29,2% dengan tipe keluarga besar. Sedangkan data prestasi belajar menunjukkan 73,8% mendapat prestasi belajar baik, 26,2% mendapat prestasi belajar kurang. Dari hasil Uji-Chi Square didapatkan x2 hitung (0,547) < x2 tabel (3,841) maka Ho diterima berarti tidak ada hubungan tipe keluarga dengan prestasi belajar siswa kelas 2 SMP Negeri 33 Surabaya. Simpulan dari penelitian ini baiknya prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor lain seperti motivasi belajar, kecerdasan, kesehatan mental individu, hubngan orang tua dan anak, metode belajar dan absensi. Saran pada penelitian ini hendaknya peran ibu lebih aktif dalam membangkitkan motivasi belajar remaja agar dapat mengasah potensi kecerdasan remaja sehingga diperoleh prestasi belajar baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Tipe Keluarga, Prestasi Belajar
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ499-507 Mental disorders. Child psychiatry
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Midwifery
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 14 Jun 2019 01:38
Last Modified: 14 Jun 2019 01:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5009

Actions (login required)

View Item View Item