PENINGKATAN KEMAMPUAN BERLARI ANAK USIA 2-3 TAHUN MELALUI PERMAINAN MEMINDAHKAN BOLA DI PPT MEKAR SARI KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA

YUNIWATI, TRI DEWI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERLARI ANAK USIA 2-3 TAHUN MELALUI PERMAINAN MEMINDAHKAN BOLA DI PPT MEKAR SARI KECAMATAN WONOCOLO SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190022_abstract.pdf

Download (765kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22281.html

Abstract

Kemampuan berlari anak belum berkembang secara optimal karena pemilihan media yang kurang menarik, dan stimulasi yang kurang tepat untuk peningkatan kemampuan berlari, guru memberikan media dan kegiatan yang menarik yang membuat anak bersemangat yaitu media bola dengan kegiatan memindahkan bola. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berlari anak usia 2-3 tahun melalui permainan memindahkan bola di PPT Mekar Sari Kecamatan Wonocolo Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah usia 2-3 tahun. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan dan hasil analisis data yang diperoleh pada setiap siklus pembelajaran, didapatkan kesimpulan bahwa, melalui permainan memindahkan bola dapat meningkatkan kemampuan berlari anak usia 2-3 tahun di PPT Mekar Sari. Dari hasil peningkatan kemampuan berlari sebelum tindakan menunjukkan hasil rata-rata 64,16%, setelah dilakukan tindakan siklus I mengalami peningkatan sebesar 9,16% menjadi 73,32%. Dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 18,34% menjadi 91,66%. Peningkatan tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yaitu memperoleh kriteria Berkembang Sangat Baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSYAIKHON, MUHAMMADNIDN0722128302muhammadsay87@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berlari, Media Bola
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 27 Jun 2019 07:54
Last Modified: 01 Dec 2021 07:19
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5177

Actions (login required)

View Item View Item