ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDI SUNAN AMPEL II TROSOBO KABUPATEN SIDOARJO

MAULIDINA, ANA PUSPITA (2019) ANALISIS KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA PADA SISWA KELAS II SDI SUNAN AMPEL II TROSOBO KABUPATEN SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190014_abstract.pdf

Download (723kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22285.html

Abstract

Numerasi merupakan kemampuan siswa untuk berhitung dalam memecahkan permasalahan yang ada di dalam matematika maupun kehidupan nyata. Dan memahamkan siswa kegunaan matematika dalam kehidupan sehari- hari. Berdasarkan hasil Tes PISA (Programme for International Student Assesment) pada tahun 2015 menunjukkan bahwa Indonesia saat itu menduduki peringkat bawah dalam menerapkan numerasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan numerasi siswa dalam memecahkan masalah matematika pada siswa kelas II SDI Sunan Ampel II Trosobo Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subjek penelitian ini yaitu siswa kelas II-B SDI Sunan Ampel II Trosobo yang berjumlah 3 siswa dengan diberikan tes kemampuan numerasi. Instrumen yang akan digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes kemampuan matematika, tes kemampuan numerasi, dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil tes kemampuan numerasi menunjukkan : (1) Pada subjek berkemampuan tinggi mampu dan benar dalam menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya), dan mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan dengan baik. (2) Pada subjek berkemampuan sedang mampu dan kurang benar dalam menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, cukup mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya), dan cukup mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan dengan cukup baik. (3) Pada subjek berkemampuan rendah siswa tersebut belum mampu dan belum benar dalam menggunakan berbagai macam angka atau simbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah dalam berbagai macam konteks kehidupan sehari-hari, belum mampu menganalisis informasi yang ditampilkan dalam berbagai bentuk (grafik, tabel, bagan, diagram dan lain sebagainya), dan belum mampu menafsirkan hasil analisis tersebut untuk memprediksi dan mengambil keputusan, maka siswa tersebut masih perlu bimbingan. Saran yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah : diharapkan peneliti lain mampu untuk melakukan tindak lanjut penelitian ini.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan numerasi, Memecahkan Masalah, Matematika
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 27 Jun 2019 08:19
Last Modified: 12 Apr 2023 07:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5183

Actions (login required)

View Item View Item