CAHYANI, PEPY INDAH
(2019)
HUBUNGAN PEMENUHAN PERSONAL HYGIENE DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP BPJS DI RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA A.YANI.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Terdapat hasil rata-rata 80% dalam aspek pelayanan keperawatan dari kuesioner kepuasan pasien, hasil tersebut belum memenuhi target yang telah ditetapkan oleh Rumah Sakit Islam Surabaya A.Yani yaitu ≥90%. Prinsip Personal Hygiene yang diberikan oleh perawat tidak sesuai dengan teori. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan pemenuhan personal hygiene dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap BPJS Rumah Sakit Islam Surabaya A.Yani.
Desain penelitian adalah analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi sebesar 58 responden BPJS dan besar sampel sebesar 51 responden BPJS dengan teknik Proportional Random Sampling. Variabel independen penelitian ini adalah pemenuhan personal hygiene dan variabel dependen adalah tingkat kepuasan pasien. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner. Analisis data menggunakan uji chi square dengan nilai kemaknaan α = <0,05.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 51 responden, terdapat 28 responden yang kebutuhan personal hygiene terpenuhi dan 23 responden yang kebutuhan personal hygiene tidak terpenuhi dan terdapat 41 responden mengatakan puas dan 10 responden mengatakan tidak puas. Hasil uji statistik chi square p = 0,003 < α = 0,05 menunjukkan ada hubungan pemenuhan personal hygiene dengan tingkat kepuasan pasien.
Perawat dapat mengaplikasikan prinsip personal hygiene sesuai dengan kondisi dan kebutuhan responden, agar kebutuhan personal hygiene dapat terpenuhi dan dapat meningkatkan rasa puas.
Actions (login required)
|
View Item |