PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS III A DI SDN PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO

FARDIAN, RINI (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR SISWA KELAS III A DI SDN PEPELEGI 2 WARU SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190016_abstract.pdf

Download (656kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22344.html

Abstract

Keterampilan menulis puisi siswa kelas III A SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo masih rendah. Hal ini disebabkan oleh faktor internal siswa yang mengalami kesulitan menuangkan pikiran dan perasaannya dalam bentuk puisi. Kesulitan yang dihadapi siswa itu ditandai dengan beberapa hal seperti siswa kesulitan menemukan ide, menemukan kata pertama dalam puisinya, mengembangkan ide menjadi puisi karena minimnya penguasaan kosakata. Pembelajaran menulis puisi yang cenderung masih bersifat teoretis informatif, juga mempengaruhi proses kreatif siswa, sehingga mengakibatkan kemampuan siswa dalam menulis kurang maksimal. Peningkatan keterampilan menulis puisi perlu dilakukan media yang berdaya guna. Melalui media gambar diharapkan menjadi media yang tepat guna dalam meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas III A SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo. Permasalahan yang akan dibahas pada penelitian ini adalah seberapa besar peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas III A SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo setelah menggunakan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas III A SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan media gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua tahap, yaitu tahap siklus I dan siklus II dengan subjek penelitian siswa kelas III A SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo Kabupaten Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes (penulisan puisi) dan nontes (wawancara & observasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi melalui media gambar, maka nilai rata-rata siswa kelas III A SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo mengalami peningkatan. Hasil pada siklus I sebesar 60,73% kemudian terjadi peningkatan menjadi sebesar 80,58%. Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas III A SDN Pepelegi 2 Waru Sidoarjo menunjukkan hasil belajar menulis puisi meningkat dari siklus I ke siklus II. Siswa senang dan antusias dalam pembelajaran menulis puisi melalui media gambar karena lebih mudah, menarik, dan memotivasi. Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan media gambar siswa mampu meningkatkan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas III A SDN Pepelegi 2 Waru, Sidoarjo. Saran yang dapat peneliti sampaikan adalah guru hendaknya mampu memilih media yang tepat guna dalam pembelajaran menulis puisi, seperti halnya teknik dengan media gambar. Selain itu, guru hendaknya juga selalu membimbing siswa dalam pembelajaran menulis puisi agar siswa mampu menulis puisi dengan lebih baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKasiyun, SuharmonoNIDN0719035301suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Menulis Puisi, Media Gambar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:23
Last Modified: 12 Apr 2023 07:07
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5278

Actions (login required)

View Item View Item