PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS III SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA

BIRILLINA, NUR (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PERKALIAN DAN PEMBAGIAN DI KELAS III SD KEMALA BHAYANGKARI 1 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190018_abstract.pdf

Download (603kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22366.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap hasil belajar siswa. Model pembelajaran Numbered Head Together mengacu pada belajar kelompok siswa, masing-masing anggota memiliki bagian tugas (pertanyaan) dengan nomer yang berbeda-beda. Sintaks model pembelajaran Numbered Head Together yaitu: (1) fase 1 penomoran; (2) fase 2 mengajukan pertanyaan; (3) fase 3 berpikir bersama; (4) fase 4 menjawab. Peneliti mengukur model pembelajaran Numbered Head Together dengan menggunakan lembar keterlaksanaan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan eksperimen jenis pre-exprerimental desaign, bentuk desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas 3 yang berjumlah 21 orang. Sampel penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode observasi. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil kemampuan pemecahan masalah menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh bahwa signifikan 0,000 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Selanjutnya, hasil belajar siswa menggunakan uji Wilcoxon Signed Rank Test diperoleh bahwa signifikan 0,001 yang artinya lebih kecil dari taraf signifikan yang ditentukan 0,05. Jadi terdapat pengaruh model pembelajaran Numbered Head Together terhadap kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi hitung perkalian dan pembagian kelas III SD Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Sehingga penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Numbered Head Together berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah khususnya materi operasi hitung perkalian dan pembagian sehingga hasil belajar siswa meningkat.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorHartatik, SriNIDN0706118102titax@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran numbered head together, kemampuan pemecahan masalah, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 10 Jul 2019 03:38
Last Modified: 02 Dec 2021 02:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5280

Actions (login required)

View Item View Item