NGAISAH, SITI
(2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT BERLIAN SEMBILAN WONOCOLO SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi kenyataan di lapangan masih rendahnya kemampuan berbahasa anak usia 3-4 tahun yang sesuai dengan Standart Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak serta Media yang dipergunakan kurang menarik dalam upaya meningkatkan kemampuan Berbicara anak pada usia 3-4 tahun di PPT Berlian Sembilan Wonocolo Surabaya.
Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2018/2019 semester 2 mempakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari Pra Siklus, Siklus I, Siklus II yang terdiri dari 4 tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Berbicara Melalui media Audio Visual Di PPT Berlian Sembilan Wonocolo Surabaya
Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B PPT Berlian Sembilan yang berjumlah 20
anak dengan perincian 10 anak perempuan dan 10 anak laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Instrumen yang digunakan adalah Media Audio Visual. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu jika 2:75%.
Hasil penelitian menunjukkan dari pra siklus kondisi kernampuan berbicara 43,25% anak yang masih Mulai Berkembang. Pada Siklus I kemampuan rata-rata berbahasa meningkat yaitu 67 ,75% Berkembang Sesuai Harapan dan pada Siklus II ini meningkat lagi kemampuan rata-rata yaitu 87 ,37% Berkembang Sangat Baik. Pada perolehan Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak Kelompok B PPT Berlian Sembilan mencapai keberhasilan.
Simpulan penelitian ini bahwa dengan menggunakan media audio visual dapat
meningkatkan kemampuan berbicara di kelompok usia 3-4 tahun PPT Berlian Sembilan
Wonocolo Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |