MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA WAYANG DI PPT HARAPAN BANGSA KECAMATAN BULAK KOTA SURABAYA

RATNASARI, RATNASARI (2019) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBAHASA ANAK USIA 3-4 TAHUN MELALUI METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA WAYANG DI PPT HARAPAN BANGSA KECAMATAN BULAK KOTA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190028_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22487.html

Abstract

Rendahnya kemampuan anak usia 3-4 tahun dalam menguasai 50 kosa kata baru di karenakan dalam pembelajaran bercerita media yang digunakan kurang menarik, agar kegiatan bercerita tidak membosankan maka dituangkan dengan menggunakan media boneka wayang agar menarik dan menyenangkan. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berbahasa anak melalui bercerita dengan media boneka wayang.Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 15 anak di PPT Harapan Bangsa kelurahan Bulak kecamatan Bulak Surabaya. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Deskriptif Komparatif dan Analisis Kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media boneka wayang dapat meningkatkan keterampilan berbahasa anak usia 3-4 tahun di PPT Harapan Bangsa Surabaya. Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya.Pada pra siklus keterampilan berbahasa anak mencapai 40,56%, siklus I mencapai 60,84%, dan siklus II mencapai 89,45%, untuk itu disarankan pada semua guru supaya dapat memberikan kegiatan bercerita dengan media sehingga menarik dan menyenangkan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARIATI, PANCENIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbahasa, Metode bercerita, Boneka Wayang.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 10 Jul 2019 04:05
Last Modified: 11 Apr 2023 01:42
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5287

Actions (login required)

View Item View Item