ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS INSTALASI RAWAT JALAN DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA PUSKESMAS BUNGAH GRESIK

AWWARIJ, ACHMAD SAKHOWI AL (2019) ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN BPJS INSTALASI RAWAT JALAN DI FASILITAS KESEHATAN TINGKAT PERTAMA PUSKESMAS BUNGAH GRESIK. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-KM-190008-abstract.pdf

Download (392kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22768.html

Abstract

Puskesmas adalah lini terdepan penyelenggara pelayanan kesehatan masyarakat, harus dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat secara optimal dengan memperhatikan kualitas pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien BPJS di Instalasi Rawat Jalan Puseksmas Bungah Gresik. Jenis penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Jumlah Sampel penelitian ini sebanyak 89 responden dengan teknik simple random sampling menggunakan lottery. Variabel pada penelitian ini adalah kualitas pelayanan dan kepuasan pasien. Data didapatkan melalui kuesioner dan wawancara, analisis data dengan uji statistik regresi logistik biner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruhnya (88,76%) responden menyatakan bahwa kualitas pelayanan Puskesmas Bungah baik dan hampir seluruhnya (77,53%) responden merasa puas dengan pelayanan di Instalasi Rawat Jalan Puseksmas Bungah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien dengan nilai p-value 0,307, dari kelima dimensi yang mempengaruhi kepuasan pasien adalah dimensi tangible, assurance, dan empathy dengan p-value 0,022, 0,040, dan 0,029. Sedangkan dimensi yang tidak mempengaruhi kepuasan pasien adalah dimensi reliability dan responsiveness dengan p-value sebesar 0,389, dan 0,316. Saran untuk Puskesmas Bungah Gresik perlu meningkatkan kualitas pelayanan dengan menambah beberapa fasilitas penunjang (kursi duduk, lahan parkir, dan kebersihan ruangan), dan sumber daya manusia (meningkatkan keramahan petugas kesehatan ketika melayani pasien), serta meningkatkan perhatian terhadap keluhan pasien untuk semakin meningkatkan kepuasan para pasien.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorZAHROH, CHILYATIZNIDN0710018401chilyatiz@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, Dimensi Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pasien
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA440-440.87 Study and teaching. Research
Divisions: Faculty of Health > Program Study of Public Health
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 28 Aug 2019 07:52
Last Modified: 01 Dec 2021 06:38
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5385

Actions (login required)

View Item View Item