PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR MAARIF YPM WONOCOLO, KECAMATAN TAMAN, SIDOARJO

MUSDHALIFAH, BUNGA AINY (2019) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR MAARIF YPM WONOCOLO, KECAMATAN TAMAN, SIDOARJO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190023_abstract.pdf

Download (818kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22604.html

Abstract

Orang tua dikatakan sebagai pendidik pertama, karena orang tualah yang pertama mendidik anaknya sejak dilahirkan. Faktor latar belakang tingkat pendidikan orang tua merupakan sesuatu yang besar pengaruhnya terhadap perkembangan anak. Hal ini berarti semakin tinggi pendidikan terakhir orang tua, maka akan semakin baik cara pengasuhan anak dan perkembangan anak terpengaruh berjalan secara positif. Sebaliknya semakin rendah tingkat pendidikan orang tua, maka akan kurang baik dalam mengasuh anak, sehingga perkembangan anak berjalan kurang menguntungkan. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Tempat penelitian ini di Sekolah Dasar Ma’arif YPM Wonocolo, Kecamatan Taman, Sidoarjo dengan jumlah populasi sebanyak 22 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah menggunakan kuisioner. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuisioner tertutup dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik korelasi dengan rumus Spermann. Ada analisis data kuantitatif menggunakan bantuan SPSS Versi 23 Windows 8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) rata-rata tingkat pendidikian orang tua, (2) rata-rata hasil belajar siswa, dan (3) pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa kelas V di Sekolah Dasar Ma’arif YPM Wonocolo, Kecamatan Taman, Sidoarjo. Pada variabel tingkat pendidikan orangtua memiliki hasil cukup baik dengan standart devisiasi sebesar 13,127, sedangkan hasil belajar siswa memiliki hasil baik dengan nilai B. Uji korelasi pada penelitian ini sebesar 0,528 dan sig (2-tailed) sebesar 0,11. Artinya hasil tersebut menunjukkan bahwa adanya korelasi sedang dan nilai sig. sebesar 0,011 < 0,05 maka H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara tingkat pendidikan orang tua terhadap hasil belajar siswa. Saran yang direkomendasikan pada penelitian ini adalah: Dapat meningkatkan kepedulian orang tua terhadap anak dan menambah minat siswa untuk belajar sehingga memperoleh hasil belajar yang memuaskan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorRahayu, Dewi WidianaNIDN0715108901dewiwidiana@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Orang tua, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:00
Last Modified: 01 Dec 2021 07:54
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5418

Actions (login required)

View Item View Item