PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS II-A SD NEGERI DR. SOETOMO V SURABAYA

USWATULLAILI, AISYAH (2019) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING PADA SISWA KELAS II-A SD NEGERI DR. SOETOMO V SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190024_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22846.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketarampilan menulis permulaan pelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan model Quantum Learning di SDN Dr. Soetomo Surabaya.Desain penelitian ini menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas dan meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi.Penelitian dilaksanakan melalui tiga tahap pada pra siklus dilaksanakan pada tanggal 15 November 2018, selanjutnya pada siklus 1 dilaksanakan pada tanggal 20 Februari 2019, pada siklus ke 2 dilaksanakan pada tanggal 30 April 2019 pada kelas II-A SDN Dr.Sutomo V Surabaya dengan jumlah 20 siswa. Hasil pra-siklus mendapatkan jumlah nilai sebesar 840 dengan rata- rata 42,00 dan di presentasikan bahwa hasil pra- siklus ≤ 75 % yaitu 0 % karena dalam hasil pra- siklus dinilai belum adanya ketuntasan dalam menulis cerita, dengan dikategorikan Sangat Kurang. Hasil siklus I mendapatkan jumlah nilai sebesar 1385 dengan rata- rata 69,25 dan dipresentasikan bahwa hasil siklus I ≥ 75 % yaitu berjumlah 12 siswa. Jumlah siswa ini adalah jumlah siswa yang mencapai ≥ 70 yaitu ≤75 % berjumlah 12 siswa dengan dibagi jumlah seluruh siswa dan dikali 100 % hasil presentase yang di dapatkan sebesar 60 % dengan dikategorikan Cukup. Hasil siklus II mendapatkan jumlah nilai sebesar 1650 dengan rata- rata 82,5 dan di presentasikan bahwa hasil siklus I ≥ 75 % yaitu berjumlah 20 siswa. Presentase yang diambil adalah jumlah siswa yang mencapai ≥ 70 yaitu ≥75 % berjumlah 20 siswa dengan dibagi jumlah seluruh siswa dan dikali 100 % hasil presentase yang di dapatkan sebesar 100 % dengan dikategorikan Sangat Baik.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMachmudah, MachmudahNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Model Quantum Learning, Keterampilan Menulis Permulaan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:14
Last Modified: 12 Apr 2023 07:08
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5419

Actions (login required)

View Item View Item