ZHAHRO, SHOFIATUL
(2019)
PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SUMBER ENERGI KELAS III SD TAQUMA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menjelaskan mengenai pemanfaatan media gambar terhadap hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pemanfaatan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas III SD TAQUMA Surabaya. Karena di SD TAQUMA Surabaya masih banyak guru yang melakukan pembelajaran dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab
Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis & Taggart yang terdiri dari empat tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dua siklus penelitian dimana setiap siklus menggunakan media gambar saat proses pembelajaran berlangsung. Lokasi dan subjek penelitian adalah peserta didik kelas III SD TAQUMA Surabaya, berjumlah 23 siswa yang dilaksanakan bulan Mei. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi dan metode tes. Teknis analisis data pada penelitian ini menggunakan kuantitatif deskriptif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebanyak 10 siswa yang tuntas dengan presentase 43,5% dan jumlah siswa yang tidak tuntas adalah sebanyak 13 siswa dengan presentase sebesar 56,5% yang mendapatkan nilai ≤ KKM (70), sedangkan siklus II jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 2 siswa dengan presentase 8,7% dan siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dengan presentase sebesar 91,3% yang memperoleh nilai ≥ KKM (70). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Actions (login required)
|
View Item |