WITARI, DESSI MELISA
(2019)
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN DOLANAN AKSARA JAWA PADA SISWA KELAS III SD PROKLAMASI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfataan media pembelajaran Papan Dolanan Aksara terhadap hasil belajar peserta didik kelas III di SD Proklamasi Surabaya. Lokasi penelitian di Jl. Jagir Sidomukti IV/ 35
Surabaya. Subjek penelitian adalah siswa kelas III SD yang berjumlah 16 peserta didik dengan menggunakan satu kelas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian tindakan kelas dari Kemmis & Taggart yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Keempat tahapan tersebut dilaksanakan dalam dua siklus penelitian dimana setiap siklus difokuskan pada media pembelajaran Papan Dolanan Aksara. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa pengamatan atau observasi, tes, dan dokumentasi. Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami konsep pembelajaran aksara jawa, kurangnya media pembelajaran yang menarik dalam pembelajaran aksara jawa, rasa malas siswa terhadap pembelajaran aksara jawa, gaya mengajar guru yang konvensional (berpusat pada guru seperti ceramah), penyajian materi yang diberikan oleh guru kurang menarik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar peserta didik pada observasi awal sebanyak 3 peserta didik yang tuntas dengan persentase 18,75% yang mendapatkan nilai ≥ KKM (70). Pada siklus I sebanyak 7 peserta didik yang tuntas dengan persentase 43,75% yang mendapatkan nilai ≥ KKM (70). Sedangkan pada siklus II sebanyak 14 peserta didik yang tuntas dengan persentase nilai 87,50% yang mendapatkan nilai ≥ KKM (70). Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran Papan Dolanan Aksara dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Actions (login required)
|
View Item |