ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V-D SDN DR. SOETOMO V/327 SURABAYA

ANGGRAINI, NUR MEILINDA (2019) ANALISIS MULTIPLE INTELLIGENCES PADA SISWA KELAS V-D SDN DR. SOETOMO V/327 SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190034_abstract.pdf

Download (865kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23650.html

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan multiple intelligences siswa kelas V-D SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian seluruh siswa kelas V-D. Peneliti memanfatkan kepala sekolah dan guru kelas V-D SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya sebagai informan dan narasumber. Tempat penelitiannya berada di SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya. Kemudian, untuk teknik pengumpulan datanya melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori analisis menurut Miles dan Huberman yaitu dengan cara pengumpulan data, mereduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pada tahap uji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas, uji dependabilitas dan uji konfirmabilitas. Hasil penelitian pada siswa kelas V-D di SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya, siswa memiliki kecerdasan yang beragam, namun pada umumnya siswa cenderung memiliki kecerdasan interpersonal. Hal ini menunjukkan bahwa siswa kelas V-D SDN Dr. Soetomo V/327 Surabaya memiliki kemampuan untuk menjalin hubungan yang baik dengan orang lain, baik dengan teman-temannya, guru, orangtua maupun dengan lingkungan sekitarnya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKASIYUN, SUHARMONONIDN0719035301suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Multiple intelligences, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 05:44
Last Modified: 01 Dec 2021 04:31
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5434

Actions (login required)

View Item View Item