AMBARWATI, DIAN WAHYU
(2019)
PENERAPAN METODE VAKT (VISUAL, AUDITORI, KINESTETIK, DAN TAKTIL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PADA ANAK DISLEKSIA DI SD PROKLAMASI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Disleksia merupakan bentuk ketidakmampuan yang dialami seseorang dalam kegiatan membaca.terbukti bahwa siswa kesulitan dalam mengeja kata dan menganalisa keseluruhan kata-kata. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca anak disleksia dengan menggunakan metode VAKT.Subjek dalam penelitian ini merupakan subjek khusus berjumblah tiga anak yang sedang duduk di bangku kelas 3 SD. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi.Informan yang diwawancarai adalah wali kelas 3. Dalam penelitian ini menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan uji konfirmabillitas. Alat ukur dalam penelitian ini berupa tes membaca yang terdiri dari 5 indikator pencapaian membaca. Hasil penelitian fenomena anak disleksia di SD Proklamasi Surabaya sering terjadi pada gangguan motoriknya yaitu saat bersosialisasi anak cenderung malu. hal ini berpengaruh besar pada kemampuan belajarnya terutama pada kegiatan membaca. Setelah diberikan tindakan menggunakan metode VAKT dalam 3 kali pertemuan berhasil mendapat kriteria baik, maka dari itu metode VAKT dapat meningkatkan kemampuan membaca pada anak disleksia.
Actions (login required)
|
View Item |