ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS IV SD KHADIJAH SURABAYA

MUJAYATUN, MUJAYATUN (2019) ANALISIS GAYA BELAJAR SISWA BERPRESTASI KELAS IV SD KHADIJAH SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-SD-190037_abstract.pdf

Download (962kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23700.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gaya belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhi “Gaya Belajar Siswa Berprestasi Siswa Kelas IV SD Khadijah Surabaya”. Setiap manusia yang belajar memiliki cara dan gaya belajar yang berbeda-beda, selain anugerah tuhan yang diberikan kebiasaan belajar mempengaruhi seseorang mencapai prestasi. Ada tiga jenis pokok modalitas dalam belajar yaitu auditorial, visual, dan kinestetik. Masing- masing gaya belajar mempunyai keistimewaan dan ciri khas tersendiri. Kemudian data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan pendekatan kualitatif analisis deskriptif, dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction), penyajian data (display), verifikasi dan kesimpulan (conclusions drowing/verifiying). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan uji keabsahan data dengan menggunakan uji kredibilitas data, dependabilitas dan uji korfirmabilitas. Variabel dalam penelitian ini adalah gaya belajar yang meliputi visual, auditorial, dan kinestetik. Dengan menggunakan teknik purposive sampling, sampel penelitian nya yaitu siswa dengan nilai atau peringkat lima tertinggi pada masing- masing kelas IV A, B, C, D. Pada hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa yang berprestasi di kelas IV sebagian besar cenderung pada tipe auditorial 35%, kemudian kombinasi audiotorial dan visual 30% kombinasi audiotorial kinestetik sebesar 20% sisanya tiipe visual, kinestetik, dan kombinasi visual kinestetik masing-masing hanya 5%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa yang berprestasi lebih suka belajar dengan menggunakan indera pendengaran dan cenderung suka berbicara. Dengan variasi gaya belajar yang dilakukan siswa- siswi berprestasi di SD Khadijah dapat membantu orang tua sekaligus guru agar tidak membatasi dan mendukung aktivitas belajar anak sesuai keunikannya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKASIYUN, SUHARMONONIDN0719035301suharmono@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: gaya belajar, hasil prestasi, kelas empat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 06:50
Last Modified: 12 Apr 2023 07:21
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5437

Actions (login required)

View Item View Item