PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL HURUF VOKAL DENGAN MEDIA KARTU HURUF DI PPT TUNAS BANGSA GAYUNGAN SURABAYA

SELDAYANI, TRI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK DALAM MENGENAL HURUF VOKAL DENGAN MEDIA KARTU HURUF DI PPT TUNAS BANGSA GAYUNGAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190032_abstract.pdf

Download (756kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22711.html

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih belum berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf vokal pada anak usia 3-4 tahun di PPT Tunas Bangsa Gayungan Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf vokal. Jenis penelitian ini adalah peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf vokal dengan menggunakan media kartu huruf. Penelitian ini dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Penelitian yang dilakukan yaitu peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf vokal dengan media kartu huruf di PPT Tunas Bangsa Gayungan Surabaya tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah anak didik 25 anak. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf vokal dengan media kartu huruf dapat meningkat. Dengan hasil persentase yaitu kondisi awal dapat menyebut huruf vokal dan dapat mengelompokkan huruf vokal berdasarkan gambar 60% (15 anak) meningkat pada Siklus I sebesar 68% (17 anak) dan Siklus II sebesar 84% (21 anak). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa kemampuan kognitif anak dalam mengenal huruf vokal dengan menggunakan media kartu huruf dapat meningkat dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSHODIQ, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: kemampuan kognitif mengenal huruf, media kartu huruf, PPT
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 29 Aug 2019 07:13
Last Modified: 01 Dec 2021 07:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5442

Actions (login required)

View Item View Item