SATYARINI, DWI
(2019)
HUBUNGAN PENGGUNAAN GAWAI DENGAN PERKEMBANGAN EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI PPT DEWI SARTIKA KECAMATAN TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Anak usia dini biasanya lebih banyak berinteraksi langsung dengan teman sebayanya di lingkungan mereka, banyak pula yang sekarang lebih tertarik bermain dengan gawai, sehingga permainan tadisional banyak yang ditinggalkan. Dari sudut pandang ilmu kesehatan jiwa, penggunaan gawai untuk anak usia dini sangat tidak disarankan, karena dapat mengganggu proses tumbuh kembangnya. Hal ini menarik untuk diteliti lebih lanjut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gawai dengan perkembangan emosional anak usia dini di PPT Dewi Sartika, Kecamatan Tandes, Surabaya.
Penelitian kuantitatif ini menggunakan metode analitik korelasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional, serta menggunakan kuesioner sebagai instrumen. Sampel sejumlah 35 responden diambil dengan menggunakan teknik non-probability sampling. Pengumpulan data diperoleh melalui instrumen kuesioner. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji statistik korelasi product moment.
Hasil uji statistik menggunakan SPSS dengan teknik korelasi product moment, didapatkan hasil sebesar nilai Signifikan 0,044 < 0,05 yang artinya ada hubungan yang sangat kuat antara penggunaan gawai dengan perkembangan emosional anak usia dini di PPT Dewi Sartika, Kecamatan Tandes Surabaya Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak menggunakan gawai
>1 jam setiap harinya sebanyak 74,3%. Perkembangan emosional anak usia dini sudah berkembang baik dengan skala 19,14. Hasil uji korelasi mendapatkan nilai r (rho) = 0,44 yang berarti ada hubungan antara penggunaan gawai dengan perkembangan emosional anak usia dini di PPT Dewi Sartika, Kecamatan Tandes Surabaya.
Kesimpulannya, semakin sedikit penggunaan gawai pada anak usia dini semakin baik perkembangan emosional anak usia dini.
Actions (login required)
|
View Item |