MASRUROH, TITIN
(2019)
PENGARUH BRAND AWARENESS, PERCEIVED QUALITY, BRAND ASSOCIATION, BRAND LOYALITY TERHADAP BRAND EQUITY (STUDI PADA PASIEN POLI UMUM RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA A. YANI).
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Perhatian rumah sakit untuk meningkatkan persaingan adalah ekuitas merek rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komponen pembentuk brand equity yakni brand awareness, perceived quality, brand association, dan brand loyality terhadap brand equity di Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani. Desain penelitian ini adalah survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien yang melakukan pemeriksaan di Poli Umum, dengan sampel sebesar 119 diambil dengan cara simple random sampling. Variabel independen pada penelitian ini adalah brand awareness, perceived quality, brand association, dan brand loyality dan variabel dependen brand equity. Data didapatkan melalui kuesioner, analisis data dengan uji statistik Regresi Logistik Ordinal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hampir seluruhnya (79%) responden menyatakan bahwa brand equity Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani tinggi. Seluruh komponen diperoleh nilai p-value < α (0,05) yang berarti seluruhnya berpengaruh secara signifikan, dari ke empat komponen tersebut yang paling berpengaruh adalah komponen brand loyality dengan p-value (0,001), kemudian perceived quality (0,002), brand awareness (0,004), dan brand association (0,005). Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh yang signifikan antara brand awareness, perceived quality, brand association, dan brand loyality terhadap brand equity. Saran untuk Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani, diharapkan dengan tingginya brand equity yang tercipta, maka Rumah Sakit Islam Surabaya A. Yani lebih meningkatkan promosinya dengan mengaplikasikan marketing 4.0, serta perlu meningkatkan keunggulannya agar pelangganya tetap setia.
Actions (login required)
|
View Item |