MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE MANIK-MANIK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT KEMUNING RUNGKUT KIDUL KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA

SUHARTI, LILIK (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MERONCE MANIK-MANIK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT KEMUNING RUNGKUT KIDUL KECAMATAN RUNGKUT KOTA SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190041_abstract.pdf

Download (797kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22870.html

Abstract

Motorik halus adalah kemampuan fisik (tangan) untuk menggunakan suatu media yang membutuhkan koordinasi mata, tangan dan otot-otot kecil atau otot-otot halus. Sehingga keterampilan motorik halus itu mempunyai pengertian yaitu sesuatu pelaksanaan yang terlatih dan merupakan suatu rangkaian kondisi yang melibatkan perbedaan isyarat dan koreksi kesalahan yang berkesinambungan dari kemampuan fisik (tangan ) untuk menggunakan suatu media yang membutuhkan koordinasi mata, tangan dan otot-otot kecil atau otot-otot halus. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan meronce manik-manik di PPT Kemuning Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Kemuning dengan jumlah anak didik 20 anak, terdiri dari 6 perempuan dan 14 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dengan cara check list (√). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa melalui kegiatan meronce manik-manik dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Hal ini diketahui dari pengamatan tahap siklus I mencapai persentase 48,22% dengan kriteria cukup baik. Setelah adanya tindakan pada tahap siklus II mencapai 81,80% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran pada siklus melalui kegiatan meronce manik-manik ini dinyatakan berhasil karena kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meronce manik-manik sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUNANTO, SUNANTONIDN0731128404alif30@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: keterampilan motorik halus, meronce dengan manik-manik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 30 Aug 2019 02:28
Last Modified: 11 Apr 2023 01:45
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5461

Actions (login required)

View Item View Item