INDRAWATI, INDRAWATI
(2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUNGKUS SNACK PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT DAHLIA KECAMATAN GAYUNGAN KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan mengenal huruf merupakan tahap perkembangan dimana anak mampu dan mengetahui simbol-simbol dari sebuah huruf. Tingkat keberhasilan dari kemampuan mengenal huruf dapat diukur saat anak dapat memaknai huruf sehingga anak mampu menyebutkan huruf awal dari kata.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf dengan menggunakan media bungkus snack di PPT Dahlia Kecamatan Gayungan Kota Surabaya.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, obervasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun di PPT Dahlia dengan jumlah anak didik 18 anak, terdiri dari 8 perempuan dan10 laki-laki. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi dengan cara check list (√). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media ember angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf. Hal ini diketahui dari pengamatan tahap siklus I mencapai persentase 43,52% dengan kriteria cukup baik. Setelah adanya tindakan pada tahap siklus II mencapai
83,18% dengan kriteria sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan proses pembelajaran pada siklus melalui media bungkus snack ini dinyatakan berhasil karena kemampuan mengenal huruf melalui media bungus snack sudah sesuai harapan dan sudah memenuhi kriteria keberhasilan secara umum.
Actions (login required)
|
View Item |