PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT DAHLIA KETINTANG KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA

JULIANINGSIH, PRIH (2019) PENGARUH PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT DAHLIA KETINTANG KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190061_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-22985.html

Abstract

Perkembangan kognitif dapat berkembang dengan menggunakan media tertentu yang dapat berpengaruh kemampuan kognitif anak. Namun kenyataan di PPT Dahlia Ketintang Kecamatan Gayungan belum menggunakan prinsip tersebut dan media tertentu dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan lego terhadap kemampuan kognitif pada anak usia 3-4 tahun di PPT Dahlia Ketintang Kecamatan Gayungan Surabaya. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan subyek penelitian anak kelompok Bintang usia 3-4 tahun sebanyak 20 anak. Sampel sebanyak 20 anak dengan teknik sampling total populasi. Variabel penelitian ini adalah permainan lego dan kemampuan kognitif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh permainan lego terhadap kemampuan kognitif. Yaitu hasil pre test 31,25% dan post test sebesar 58,75%. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan media lego dapat berpengaruh terhadap kemampuan kognitif (konsep banyak-sedikit, panjang-pendek). Disarankan dapat menerapkan kegiatan bermain menggunakan media lego pada anak untuk menstimulasi kemampuan kognitif anak.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKAMARIYAH, NURULNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kognitif, permainan lego, anak kelompok B
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 02 Sep 2019 02:43
Last Modified: 02 Dec 2021 02:44
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5500

Actions (login required)

View Item View Item