ISTIQOMAH, ISTIQOMAH
(2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR MELALUI PERMAINAN ENGKLEK DENGAN MEDIA BANNER BERGAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI KECAMATAN PAKAL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kemampuan motorik kasar anak usia 3-4 tahun dalam permainan engklek di karenakan anak cenderung lebih suka pada permainan motorik halus, sehingga motorik kasar anak masih kurang maksimal. Terlihat dari sikap prilaku anak yang tidak tertarik dan aktif dalam mengikuti pembelajaran motoric kasar anak. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan ketrampilan motorik kasar pada anak melalui permainan engklek dengan menggunakan media banner bergambar.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 16 anak di PPT Melati Kecamatan Pakal Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II, yang pada setiap siklusnya terdiri dari II kali pertemuan. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian ini meliputi lembar pengamatan atau observasi dan dokumentasi dari tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan motorik kasar melalui permainan engklek dengan menggunakan media banner bergambar. Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I memperoleh persentase sebesar 58.59 % mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84.77 %. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan engklek dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar pada anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Kecamatan Pakal Surabaya.
Actions (login required)
|
View Item |