PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI GERAK DAN LAGU PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT DAHLIA KETINTANG KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA

AISYAH, SITI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA MELALUI GERAK DAN LAGU PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT DAHLIA KETINTANG KECAMATAN GAYUNGAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190074_abstract.pdf

Download (957kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23122.html

Abstract

Bahasa anak kelompok B PPT Dahlia Ketintang Kecamatan Gayungan Surabaya belum berkembang dengan optimal. Dari 16 anak terdiri dari 9 anak laki-laki dan 6 anak perempuan, ada 10 anak yang bahasanya belum berkembang sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan berbahasa anak usia dini melalui gerak dan lagu di PPT Dahlia Ketintang Kecamatan Gayungan Surabaya. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas dari data yang dihasilkan melalui metode observasi, format penelitian kemampuan dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di PPT Dahlia Ketintang Kecamatan Gayungan Surabaya dengan jumlah 16 anak. Hasil yang ditemukan setelah melakukan penelitian ini maka data yang diperoleh dimulai dari prasiklus, siklus I sampai siklus II yang mana prasiklus sebesar 50%, pada siklus I meningkat sebesar 68,75% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,7%. Ini berarti gerak dan lagu dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak di PPT Dahlia Ketintang Kecamatan Gayungan Surabaya. Dengan adanya peningkatan tersebut menunjukkan bahwa gerak dan lagu dapat berhasil dengan baik atau memenuhi batas ketuntasan yang ditentukan yaitu sebesar 75%.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMACHMUDAH, MACHMUDAHNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: berbahasa, gerak dan lagu, anak
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 02 Sep 2019 03:55
Last Modified: 11 Apr 2023 02:06
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5515

Actions (login required)

View Item View Item