PENGARUH MEREMAS KERTAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMEGANG PENSIL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI MULYOREJO BARU KECAMATAN PAKAL SURABAYA

WIDAYATI, WIDAYATI (2019) PENGARUH MEREMAS KERTAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMEGANG PENSIL PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MELATI MULYOREJO BARU KECAMATAN PAKAL SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190080_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23152.html

Abstract

Pengaruh Penelitian ini dilatar belakangi oleh anak usia 3-4 tahun mengalami kesulitan dengan cara memegang pensil, oleh karena itu kegiatan meremas kertas dapat dijadikan solusi untuk mengatasi masalah tersebut dan meningkatkan motorik halusnya. Di sisi lain rasa kurang percaya diri, tidak ingin melakukan, selalu tergantung pada ibu senantiasa melingkupi diri anak pada setiap pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan anak dalam memegang pensil dengan benar melalui kegiatan meremas kertas pada anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Mulyorejo Baru Kecamatan Pakal Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif, yang bersifat non eksperimental dengan metode korelasional. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di PPT Melati Mulyorejo Baru Kecamatan Pakal Surabaya, pada kelompok usia 3-4 tahun dengan jumlah anak 20 anak, tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Hasil perolehan saat pretest dengan pengamatan anak dapat meremas kertas dengan baik adalah 5%, sedangkan pada saat pre test dengan pengamatan anak dapat memegang pensil adalah 10%. Pada saat postest anak mengalami perkembangan dengan baik karena merasa pernah melakukan sebelumnya, sehingga anak didik mengalami peningkatan dalam perkembangan motorik halusnya. Kemampuan meremas kertas terjadi peningkatan dari pre tast ke post test sebesar 5 % menjadi 38,6 %, dengan kemampuam berkembang sangat baik. Kemampuan memegang pensil terjadi peningkatan dari pretest ke postest sebesar 10% menjadi 36,6 %, dengan kemampuan berkembang sangat baik. Berdasarkan pengamatan diatas dapat disimpulkan bahwa pengaruh meremas kertas terhdap kemampuan memegang pensil pada anak usia 3-4 tahun di PPT Melati Mulyorejo Baru Kecamatan Pakal Surabaya telah terbukti dan sekaligus menjawab rumusan masalah yang ada.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorKAMARIYAH, NURULNIDN0728017002nurulkamariyah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motorik halus, meremas kertas, memegang pensil
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 02 Sep 2019 07:24
Last Modified: 11 Apr 2023 02:09
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5521

Actions (login required)

View Item View Item