SRIHAYATI, ANIS
(2019)
PENERAPAN MEDIA POHON ANGKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT BERLIAN KELURAHAN BABAT JERAWAT KECAMATAN PAKAL SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kemampuan kognitif anak belum berkembang sesuai dengan tingkat capaian perkembangan anak karena stimulasi yang kurang tepat. Untuk meningkatkan kemampuan kognitif, guru harus memberikan kegiatan yang membuat anak dapat distimulasi kemampuan kognitif yaitu dengan media pohon angka. Tujuan dari penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan perkembangan kognitif dengan bermain pohon angka pada anak usia 3-4 tahun di PPT Berlian Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya.
Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah anak usia 3-4 tahun yang berjumlah 14 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang
digunakan adalah deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada anak usia 3-4 tahun di PPT Berlian terjadi peningkatan kemampuan kognitif setelah menggunakan kegiatan bermain pohon angka. Pada pra siklus hanya 21,4% yang kemampuan kognitif sudah baik, saat siklus I meningkat menjadi 66,96% dan terjadi peningkatan lagi pada siklus II sebesar 83,4%.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun dengan media pohon angka di PPT Berlian Kelurahan Babat Jerawat Kecamatan Pakal Surabaya. Untuk itu disarankan kepada guru agar lebih kreatif dalam memilih kegiatan pembelajaran dalam meningkatkan kemampuan kognitif.
Actions (login required)
|
View Item |