PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN PPT DIPONEGORO II KECAMATAN BENOWO

WIJAYANTI, ENDRI (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN BAHASA MELALUI METODE BERNYANYI PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN PPT DIPONEGORO II KECAMATAN BENOWO. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190096_abstract.pdf

Download (847kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23318.html

Abstract

Peningkatan kemampuan bahasa melalui metode bernyanyi di PPT Diponegoro II dilatar belakangi dengan permasalahan bahasa yang ada pada anak usia 2-3 tahun di PPT Diponegoro II Kecamatan Benowo. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak usia 2-3 tahun yang berjumlah 10 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Setelah menggunakan kegiatan disiklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 73,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan bahasa anak usia 2-3 tahun di PPT Diponegoro II Kecamatan Benowo mengalami peningkatan yang sangat baik yang sebelumnya masih rendah. Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode bernyanyi sangat tepat untuk meningkatkan kemampuan bahasa anak usia 2-3 tahun di PPT Diponegoro II Kecamatan Benowo. Dengan bernyanyi selain anak dapat mengungkapkan perasaannya, bernyanyi juga dapat mengungkapkan bahasa anak. Penelitian menggunakan metode bernyanyi menjadikan tantangan tersendiri dan motivasi selanjutnya untuk menjadikan kemampuan bahasa anak lebih meningkat.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSHODIQ, M.NIDN0728106304sdqbluru@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Bahasa, Metode, Bernyanyi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:00
Last Modified: 02 Dec 2021 03:55
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5537

Actions (login required)

View Item View Item