PENGGUNAAN MEDIA BOMBIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CAHAYA TANDES SURABAYA

CHOLILAH, NUR (2019) PENGGUNAAN MEDIA BOMBIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM MENGENAL WARNA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT CAHAYA TANDES SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190099_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23330.html

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun dalam mengenal warna, dikarenakan keterbatasan media dan kurang aktif anak untuk menyebutkan warna serta anak masih bingung membedakan warna. Supaya dalam pembelajaran mengenal warna dapat berkembang dengan baik maka diperlukan suatu media yang tepat. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna dengan media bombik pada anak usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Kelurahan Manukan Wetan Kecamatan Tandes Surabaya dengan jumlah 20 anak. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan kognitif dalam mengenal warna anak usia 3-4 tahun di PPT Cahaya dengan indikator menunjuk dan meyebutkan warna, mengurutkan warna dan mengelompokkan warna pada pra siklus 45,41% Mulai Berkembang (MB), meningkat pada siklus I sebesar 71,04% Berkembang Sesuai Harapan (BSH) meningkat lagi pada siklus II 80,20% Berkembang Sangat Baik. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan penggunaanm media bombik dapat meningkatkan kemampuan kognitif dalam mengenal warna pada anak usia 3-4 tahun di PPT Cahaya Tandes Surabaya. Hasilnya sudah memenuhi kriteria keberhasilan yaitu Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan adanya keberhasilan ini semoga guru dan peneliti mampu mengembangkan strategi pembelajaran yang diterapkan pada saat pembelajaran menjadi lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMACHMUDAH, MACHMUDAHNIDN0712037401machmudah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan kemampuan kognitif, mengenal warna, media bombik.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 03 Sep 2019 04:09
Last Modified: 11 Apr 2023 03:09
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5540

Actions (login required)

View Item View Item