MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI KEGIATAN BERMAIN POHON ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MUTIARA BUNDA KECAMATAN TANDES SURABAYA

NURHIDAYAHNI, NURHIDAYAHNI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI KEGIATAN BERMAIN POHON ANGKA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MUTIARA BUNDA KECAMATAN TANDES SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190101_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23336.html

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah permainan pohon angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usi 3-4 tahun di PPT Mutiara Bunda Kecamatan Tandes Surabaya. Kemampuan mengenal angka meliputi menyebutkan angka, mengenali bentuk angka. Adapun cara yang dilakukan dengan kegiatan bermain yaitu bermain pohon angka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK).Subyek Penelitian ini adalah anak usia 3-4tahun di PPT Mutiara Bunda Kecamatan Tandes Surabaya yang berjumlah 20 anak yang terdiri dari 11anak laki-laki dan 9 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan mengenal angka yang dicapai anak didik kelompok B di PPT Mutiara Bunda Kecamatan Tandes Surabaya lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana perkembangan anak hanya mencapai 40%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui kegiatan bermain pohon angka pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 58,8%, maka dari itu dilakukan penelitian dan ulang dan membuat media lebih varian sehingga pada siklus II mengalami peningkatan 83,9%,begitu pula dengan guru lebih mudah dalam mengenalkan angka pada anak dan memberikan pembelajaran yang menyenangkan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa : pembelajaran melalui metode bermain dengan media pohon angka dapat dikatakan berhasil dalam rangka meningkatkan kemampuan mengenal angka untuk guru harus lebih kreatif dalam menciptakan media pembelajaran.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMARIATI, PANCENIDN0726038802pance_mariati@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Angka, Bermain, Pohon Angka.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 05 Sep 2019 03:51
Last Modified: 11 Apr 2023 03:09
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5543

Actions (login required)

View Item View Item