SUMARIYAH, SUMARIYAH
(2019)
MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL GOBAG SODOR PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI RA TUNAS HARAPAN KECAMATAN BUBUTAN KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya kemampuan sosial emosional anak usia 4 – 5 tahun di RA Tunas Harapan kota Surabaya. Oleh karena itu diperlukan adanya tindakan kelas berupa permainan Gobak Sodor.
Tujuan penelitian adalah apakah permainan gobak sodor dapat meningkatkan kemampuan sosial eosional pada anak usia 4 – 5 tahun di RA Tunas Harapan Kecamatan Bubutan Surabaya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah anak usia 4 – 5 tahun yang berjumlah
20 anak di RA Tunas Harapan Kecamatan Bubutan Surabaya. Data penelitian dengan cara observasi dan dokumentasi. Teknis analisa data menggunakan deskriptif komparatif dan teknik analisis kritis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan sosial emosional anak meningkatkan setelah diberikan tindakan berupa permainan Gobak Sodor. Pada pra siklus kemampuan anak mencapai 40,42%. Pada siklus I kemampuan anak mencapai 60,21%. Pada siklus II kemampuan anak mencapai nilai rata-rata
84,56%. Sedangkan indikator keberhasilan batas minimalnya adalah 80%. Dengan demikian tindakan kelas berakhir pada Siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa permainan gobak sodor dapat meningkatkan kemampuan sosial emosional anak usia 4 – 5 tahun di RA Tunas Harapan Surabaya. Untuk itu disarankan kepada para pendidik agar lebih kreatif dan inovatif untuk meningkatkan kemampuan sosial emosional anak.
Actions (login required)
|
View Item |