SETIJANINGSIH, NUNUNG
(2019)
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DENGAN MEDIA JAM DINDING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT DEWI SARTIKA, KECAMATAN TANDES SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Rendahnya kemampuan anak usia 3-4 tahun di PPT Dewi Sartika dalam mengenal angka 1-10. Untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal angka 1-10 diperlukan media yang yang dapat meningkatkan kemampuan dalam mengenal angka seperti media jam dinding.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah media jam dinding dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini 3-4 tahun di PPT Dewi Sartika Kecamatan Tandes Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok B yang berusia 3-4 tahun yang berjumlah 16 anak. Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan anak kelompok B usia 3-4 tahun dalam mengenal angka di PPT Dewi Sartika Kecamatan Tandes Surabaya sebelum dilaksanakan tindakan (pra siklus) adalah 39,6%. siklus I diperoleh hasil perkembangan belajar anak mencapai 57,29%. Pada siklus II diperoleh hasil perkembangan belajar anak mencapai 81,52%. Hasil pada siklus II telah melebihi nilai indikator keberhasilan ≥ 80%.
Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan media jam dinding dapat meningkatkan kemampuan mengenal angka pada anak usia dini
3-4 tahun di PPT Dewi Sartika Kecamatan Tandes Surabaya. Untuk itu disarankan kepada semua guru menggunakan media yang menarik seperti media jam dinding agar pembelajaran lebih menyenangkan serta dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam mengenal angka.
Actions (login required)
|
View Item |