UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEREMAS KERTAS PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT MUTIARA BUNDA KECAMATAN TANDES SURABAYA

MARIYAM, SITI (2019) UPAYA MENINGKATKAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MEREMAS KERTAS PADA ANAK USIA 2-3 TAHUN DI PPT MUTIARA BUNDA KECAMATAN TANDES SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190109_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23381.html

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya kemampuan motorik halus pada anak usia 2-3 tahun. Ditemukan adanya kendala pada kegiatan yang memerlukan keterampilan motorik halus, seperti memegang pensil. Salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak, peneliti menggunakan kegiatan meremas kertas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan motorik halus anak melalui kegiatan meremas kertas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek Penelitian ini adalah anak usia 2-3 tahun di PPT Mutiara Bunda Kecamatan Tandes Surabaya yang berjumlah 15 anak yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 10 anak perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Dalam setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan motorik halus yang dicapai anak didik kelompok A di PPT Mutiara Bunda Kecamatan Tandes Surabaya lebih meningkat dibandingkan dengan sebelumnya dimana perkembangan anak pada peningkatan motorik halus meremas kertas hanya mencapai 41.7% dan memegang pensil 31.7%, namun setelah dilakukan praktek penelitian tindakan kelas melalui kegiatan meremas kertas pada siklus I mengalami peningkatan mencapai 63%, dan untuk motorik halus memegang pensil 51.5% maka dari itu dilakukan penelitian dan ulang dan membuat media lebih varian sehingga pada siklus II mengalami peningkatan 87%, dan untuk motorik halus memegang pensil 85%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui kegiatan meremas kertas dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak usia 2-3 tahun di PPT Mutiara Bunda Kecamatan Tandes Surabaya.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSUNANTO, SUNANTONIDN0731128404alif30@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Motorik Halus, Meremas kertas, Memegang Pensil.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:43
Last Modified: 11 Apr 2023 03:13
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5552

Actions (login required)

View Item View Item