UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGELOMPOKKAN WARNA MELALUI MEDIA BOLA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MENTARI CERIA TUNAS MANDIRI KECAMATAN DUKUH PAKIS SURABAYA

MUHANI, SRI (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGELOMPOKKAN WARNA MELALUI MEDIA BOLA PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT MENTARI CERIA TUNAS MANDIRI KECAMATAN DUKUH PAKIS SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190110_abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23387.html

Abstract

Rendahnya kemampuan kognitif anak usia 3-4 tahun dalam mengelompokkan warna di karenakan dalam pembelajaran anak terlihat tampak asyik bermain sendiri dan tidak melakukan kegiatan pembelajaran karena di rasa sangat sulit bagi mereka, agar tidak merasa bosan pendidik melakukan kegiatan mengelompokkan warna. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak d anak melalui kegiatan mengelompokkan warna. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun berjumlah 15 anak di PPT Mentari Ceria Tunas Mandiri kelurahan Gunung Sari kecamatan Dukuh Pakis Surabaya. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik Deskriptif Komparatif dan Analisis Kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media teknik mengelompokkan warna dengan media bola dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Hal ini dibuktikan dengan hasil peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada prasiklus kemampuan kognitif Pra Siklus Mulai Berkembang (MB) memperoleh nilai rata-rata 33,33%, Belum Berkembang (BB) sebesar 53,33%, Berkembang Sesuai Harapan (BSH) 13,33%. Pada siklus I Mulai Berkembang (MB) sebesar 46,66%, sedangkan Berkembang Sesuai Harapan (BSH) memperoleh nilai rata-rata 53,33%. Dari hasil siklus I disimpulkan bahwa siklus I harus melanjutkan ke siklus II dikarenakan pada siklus I nilai rata-rata yang diperoleh belum mencapai kriteria keberhasilan ≥ 80%. Pada siklus II memperoleh nilai Berkembang Sesuai Harapan (BSH) sebesar 20%, Berkembang Sangat Baik sebesar 80%. Dari hasil siklus II disimpulkan bahwa siklus II sudah mencapai kriteria keberhasilan yang telah ditentukan, maka PTK ini berakhir pada siklus II. Untuk itu disarankan pada semua guru supaya dapat memberikan kegiatan mengelompokkan warna dengan bola sehingga menarik dan menyenangkan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorMAIMUNAH, SITINIDN0701027003maimunah@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Kognitif, Mengelompokkan Warna
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 05 Sep 2019 04:47
Last Modified: 02 Dec 2021 03:02
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5553

Actions (login required)

View Item View Item