IRROBBY, KHASANAH
(2019)
PENINGKATAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL MELALUI KEGIATAN BERMAIN KELERENG PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI PPT ANGGREK 1 KELURAHAN SIWALANKERTO KECAMATAN WONOCOLO KOTA SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi kenyataan di lapangan bahwa perkembangan sosial emosional pada anak kelompok B (usia 3-4 tahun) di PPT Anggrek 1 masih rendah. Mereka belum memahami sikap sabar menunggu giliran, toleran kepada teman dalam bekerja sama dan menghargai orang lain. Oleh karena itu perlu adanya tindakan kelas berupa kegiatan bermain kelereng.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan perkembangan sosial emosional pada anak usia 3-4 tahun di PPT Anggrek 1 Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya. melalui kegiatan bermain kelereng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak didik kelompok B usia 3-4 tahun di PPT Anggrek 1 yang berjumlah
15 anak. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan dokumentasi. Instrumen penelitian adalah lembar observasi. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di PPT Anggrek 1 Kelurahan Siwalankerto Kecamatan Wonocolo Kota Surabaya pada setiap siklusnya, yaitu pra siklus 29, siklus I 55%, dan siklus II
77,8 %, dengan kreteria Berkembang Sangat Baik (BSB).
Kesimpulan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan kegiatan bermain kelereng dapat meningkatkan perkembangan sosial emosional anak usia 3-4 tahun di PPT Anggrek 1. Untuk itu disarankan pada semua guru dapat memberikan kegiatan bermain yang menyenangkan dan menarik dalam kegiatan pembelajaran sosial emosional.
Actions (login required)
|
View Item |