MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA KARTU PINTAR DI PPT CAHAYA BUNDA KECAMATAN KENJERAN SURABAYA

ILIA, SANTY MULYASARI (2019) MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERBICARA ANAK KELOMPOK B MELALUI METODE BERCAKAP-CAKAP DENGAN MEDIA KARTU PINTAR DI PPT CAHAYA BUNDA KECAMATAN KENJERAN SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
SR-TK-190133_abstract.pdf

Download (825kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-23603.html

Abstract

Penelitian ini didasari oleh keterampilan berbicara anak yang masih belum optimal di PPT Cahaya Bunda. Oleh karena itu perlu adanya tindakan kelas berupa metode bercakap-cakap dengan media kartu pintar. Keterampilan berbicara adalah kemampuan seseorang dalam menyampaikan ide, gagasan, pikiran, dan perasaan kepada orang lain menggunakan bahasa lisan dengan tepat dan jelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode bercakap-cakap dengan media kartu pintar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B di PPT Cahaya Bunda Kecamatan Kenjeran Surabaya. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas Kolaboratif. Subjek yang diteliti anak-anak dari kelompok B di PPT Cahaya Bunda yang berjumlah15 anak, terdiri 7 anak laki- laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan keterampilan berbicara pada anak, hal ini dibuktikan pada kemampuan awal keterampilan berbicara yaitu 45,56% termasuk dalam kriteria belum berkembang, pada Siklus I meningkat menjadi 61,67%, dan pada Siklus II meningkat menjadi 83,33% dengan kriteria berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa metode bercakap-cakap dengan kartu pintar dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak kelompok B di PPT Cahaya Bunda Kecamatan Kenjeran Surabaya. Dengan metode bercakap-cakap diharapkan dapat menjadi suatu pembelajaran yang kreatif dan inovatif bagi sekolah lain.

Item Type: Undergraduate Thesis
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDKEmail
Thesis advisorSALEH, NANANG ROKHMANNIDN0715117602nanang_kh.aslie@unusa.ac.id
Uncontrolled Keywords: Kemampuan berbicara, Metode Barcakap-cakap, Kartu Pintar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 06 Sep 2019 02:58
Last Modified: 02 Dec 2021 02:49
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5576

Actions (login required)

View Item View Item