Efektivitas Metode Tutor Sebaya Dalam Pencapaian Kompetensi Asuhan Persalinan Normal Pada Pembelajaran Laboratorium Di Prodi DIII Kebidanan UNUSA

Anggraini, Fritria Dwi and Rahayu, Esty Puji (2016) Efektivitas Metode Tutor Sebaya Dalam Pencapaian Kompetensi Asuhan Persalinan Normal Pada Pembelajaran Laboratorium Di Prodi DIII Kebidanan UNUSA. Jurnal Ilmiah Kesehatan (The Journal of Health Sciences), 9 (2). pp. 151-158. ISSN 1978-6743

[img]
Preview
PDF
Efektivitas Metode Tutor Sebaya Dalam Pencapaian Kompetensi Asuhan Persalinan Normal Pada Pembelajaran Laboratorium Di Prodi DIII Kebidanan UNUSA.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review fritria dwi anggraini.pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin fritria dwi anggraini.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/JHS/article...

Abstract

Metode tutor sebaya adalah salah satu metode pembelajaran di mana pembimbingan atau pengajaran diberikan oleh siswa yang ditunjuk sebagai tutor atau memiliki kemampuan paling tinggi kepada teman lain yang memiliki kemampuan sedang dan rendah. Tutor dipilih dari hasil pretest kemudian membimbing temannya sampai teman yang dibimbing kompeten dalam melakukan Asuhan Persalinan Normal pada phantom sebelum maju dengan pembimbing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode tutor sebaya terhadap pencapaian kompetensi Asuhan Persalinan Normal pada pembelajaran laboratorium. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa DIII Kebidanan semester IV UNUSA sejumlah 93 orang. Besar sampel untuk penelitian ini sebanyak 21 orang dari kelas 2A dan 27 orang dari kelas 2B dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data adalah observasi. Analisa data menggunakan uji statistik t-test dua sampel. Penyajian data dengan gambar dan tabel. Seluruh nilai responden meningkat pada saat posttest dibandingkan nilai pada saat pretest. Rata-rata selisih pretest dan posttest di kelas 2A adalah 19,87 dan di kelas 2B adalah 16,73. Kemudian dilakukan uji statistik secara t-test dua sampel dengan signifikansi = 0,05; didapatkan thitung = 2,006 dan ttabel = 1,706. Oleh karena thitung (2,006) > ttabel (1,706) maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan efektivitas metode tutor sebaya terhadap pencapaian kompetensi Asuhan Persalinan Normal pada pembelajaran laboratorium antara kelas 2A dan 2B di Prodi DIII Kebidanan UNUSA.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Metode Tutor Sebaya, Pencapaian Kompetensi Asuhan Persalinan Normal
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics > RG1-991 Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Midwifery
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:16
Last Modified: 07 Oct 2019 03:16
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5602

Actions (login required)

View Item View Item