Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Morning Fun Di KB Khadijah Pandegiling Surabaya

Rihlah, Jauharotur and Hardiningrum, Andini (2018) Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 3-4 Tahun Melalui Kegiatan Morning Fun Di KB Khadijah Pandegiling Surabaya. Jurnal Motoric, 2 (1). ISSN 25805851

[img]
Preview
PDF
Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia 3-4 Tahun Tahun Melalui Kegiatan Morning Fun Di KB Khadijah Pandegiling Surabaya.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review Jauharotur Rihlah.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review Andini Hardiningrum.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin Jauharotur Rihlah.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin Andini Hardiningrum.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://jurnal.narotama.ac.id/index.php/paudmotori...

Abstract

Morning fun merupakan salah satu strategi pembelajaran yang diterapkan kepada anakanak pada pagi hari sebagai kegiatan peralihan dari rumah ke sekolah dengan konsep bermain menyenangkan dan sesuai minat anak. Kegiatan morning fun sangatlah penting bagi anak, karena saat pagi hari anak-anak membutuhkan suasana yang menyenangkan sehingga dapat mempengaruhi proses belajar anak di sekolah dan aspek perkembangan anak. Morning fun bertujuan merangsang anak untuk bermain bersama dengan teman, bermain mandiri, bergerak bebas, melatih motorik halus anak. Morning Fun merupakan aplikasi antara kegiatan junal pagi dengan model pembelajaran independent learning. Jurnal pagi merupakan proses transisi bagi anak dari rumah ke sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan sosial emosional melalui kegiatan morning fun di KB Khadijah Pandegiling Surabaya. Desain Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu anak usia 3-4 tahun di KB Khadijah Pandegiling Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan sosial emosional sebelum penerapan kegiatan morning fun (prasiklus) 54,25% dan nilai rata-rata kemampuan sosial emosional sesudah penerapan kegiatan morning fun (siklus II) 86,25%, sehingga memperoleh peningkaan kemampuan sosial emosional melalui kegiatan morning fun sebanyak 32%.Simpulan dari penelitian ini adalah ada peningkaan kemampuan sosial emosional melalui kegiatan morning fun di KB Khadijah Pandegiling Surabaya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kemampuan sosial emosional, Kegiatan Morning Fun
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Early Childhood Education
Depositing User: Mr. . Adit
Date Deposited: 24 Oct 2019 03:33
Last Modified: 24 Oct 2019 09:11
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5647

Actions (login required)

View Item View Item