ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN MASALAH KEKURANGAN VOLUME CAIRAN DENGAN DIAGNOSA MEDIS DIARE PADA ANAK DI RUANG MELATI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA.

WULANDARI, DIAH (2016) ASUHAN KEPERAWATAN DENGAN MASALAH KEKURANGAN VOLUME CAIRAN DENGAN DIAGNOSA MEDIS DIARE PADA ANAK DI RUANG MELATI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]

[img]
Preview
PDF
KT-KP-160043_abstract.pdf

Download (19kB) | Preview
Official URL: http://digilib.unusa.ac.id/data_pustaka-14200.html

Abstract

Anak sangat rentan dengan penyakit Diare. Diare berdampak pada kehilangan cairan. Jadi, perlu diterapkan cara penanganan diare yang cepat dan tepat oleh tim medis. Studi kasus ini bertujuan untuk melaksanakan asuhan keperawatan dengan masalah kekurangan volume cairan dengan diagnosa medis diare pada anak di ruang melati rumah sakit islam jemursari surabaya. Desain yang digunakan adalah Studi kasus untuk mengeksplorasikan asuhan keperawatan dengan masalah kekurangan volume cairan dengan diagnosa medis diare pada anak di ruang melati rumah sakit islam jemursari surabaya. Dengan jangka waktu pengambilan data 3 hari dari klien masuk sampai pulang dari Rumah Sakit. Subjek yang digunakan 2 klien dengan masalah kekurangan volume cairan pada anak diare. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, dan pengumpulan hasil dari pemeriksaan fisik. Hasil dari studi kasus ini adalah setelah dilakukan asuhan keperawatan selama 3x24 jam masalah kekurangan volume cairan pada An. Z dan An. A dapat teratasi ditandai dengan tidak adanya cowong pada mata, klien tidak lemas, turgor kulit baik dan mukosa bibir lembab. Kesimpulan dari studi kasus ini adalah setelah dilakukan asuhan keperawatan pada An. Z dan An. A didapatkan masalah sudah teratasi. Untuk itu diharapkan bagi perawat memberi asuhan keperawatan secara maksimal khususnya pada klien kekurangan volume cairan.

Item Type: Undergraduate Thesis
Uncontrolled Keywords: Diare, Kekurangan volume cairan
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC620-627 Nutritional diseases. Deficiency diseases
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Diploma III Nursing
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 16 Dec 2016 00:32
Last Modified: 16 Dec 2016 00:32
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/571

Actions (login required)

View Item View Item