LESTARI, DIA SINGGA
  
(2019)
ASUHAN KEPERAWATAN KELUARGA DENGAN MASALAH DEFISIEN PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI TUMBUH KEMBANG PADA ANAK DI DUSUN SUMUR WELUT SURABAYA.
    [Undergraduate Thesis]
  
  
  
  
  
    
  
    
      
      
    
  
  
    
  
  
    Abstract
    Anak dengan gangguan bicara dan bahasa terjadi karena kurangnya pengetahuan tentang keterlambatan tumbuh kembang dan perhatian orang tua dapat mengurangi  kesempatan  anak  untuk  mengasah  kemampuan  bahasa  dan  bicara dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan utama dari kasus ini adalah untuk melaksanakan asuhan keperawatan keluarga yang mengalami defisien pengetahuan tentang stimulasi tumbuh kembang.
Desain penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian
ini  menggunakan  2  keluarga  yang  mengalami  masalah  defisien  pengetahuan tumbuh kembang pada anak gangguan bahasa dan bicara. Penerapan asuhan keperawatan yang meliputi pengkajian, diagnosa keperawatan, menentukkan intervensi,  melakukan implementasi, dan evaluasi. Pengumpulan data  dilakukan dengan  cara     wawancara,  observasi,  pemeriksaan  fisik.  Data  diambil  sesuai deskriptif dan naratif.
Hasil penelitian setelah dilakukan asuhan keperawatan pada keluarga F dan keluarga D dalam waktu 1 minggu (5x kunjungan) masalah klien teratasi sebagian dengan kriteria keluarga F mampu mengetahui tentang stimulasi pada tumbuh kembang anak dan mampu menerapkan stimulasi pada anak, sedangkan keluarga D mampu mengetahui tentang stimulasi pada tumbuh kembang anak, namun belum mampu menerapkan stimulasi pada anak.
Setelah dilakukan tindakan asuhan keperawatan keluarga klien dengan masalah defisien pengetahuan ibu tentang stimulasi tumbuh kembang pada anakharus diberikan asuhan keperawatan dengan mengajarkan stimulasi yang tepat dengan pendekatan melalui gambar dan video. Ibu direkomendasikan agar melaksanakan  stimulasi  secara  bertahap  dan  sabar  dalam  melatih  kemampuan bicara.
  
  
  
  
  
    Actions (login required)
    
    
      
          | 
        View Item |