LESTRIAN, DIAH
(2019)
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG STIMULASI VERBAL DENGAN PERKEMBANGAN BICARA DAN BAHASA PADA ANAK USIA TOODLER DI RW 03 KELURAHAN PAGESANGAN SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Permasalahan yang sering ditemukan di masyarakat adalah anak yang mengalami keterlambatan bicara dan bahasa dikarenakan kurangnya intensitas ibu untuk menstimulasi verbal anaknya. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui adakah hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi verbal pada perkembangan bicara dan bahasa anak usia toodler di RW 03 Kelurahan Pagesangan Surabaya.
Desain penelitian analitik menggunakan pendekatan cross sectional. Populasi adalah ibu dan anak usia toodler berjumlah 170 orang, besar sampel 119 responden, diambil dengan Probabability Sampling. Variabel independent tingkat pengetahuan ibu tentang stimulasi verbal, Variabel dependent perkembangan bicara dan bahasa anak. Instrumen menggunakan kuesioner dan lembar observasi. Data dianalisa menggunakan Mann-Whitney dengan tingkat kemaknaan (α= 0,05).
Hasil penelitian dari 119 responden, sebagian besar (66,4%) tingkat pengetahuan ibu cukup dan hampir setengahnya (46,2%) perkembangan bicara dan bahasa anak mempunyai persentase yang sama yaitu meragukan dan baik. Dengan nilai ρ = 0,002 dan α= 0,05, maka H0 ditolak artinya terdapat hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan bicara dan bahasa anak pada usia toodler di RW 03 Kelurahan Pagesangan Surabaya.
Semakin tingkat pengetahuan ibu baik tentang stimulasi verbal maka perkembangan bicara dan bahasa anak usia toodler akan baik. Diharapkan ibu untuk selalu meningkatkan pengetahuan tentang stimulasi verbal agar
perkembangan anak baik.
Actions (login required)
|
View Item |