Pengembangan Strategi Movie Learning pada Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Kelas 2 Di SD Silaturahim Islamic School Bekasi Dan Sdit Al Fikri Bekasi

Chatib, Munif (2019) Pengembangan Strategi Movie Learning pada Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Kelas 2 Di SD Silaturahim Islamic School Bekasi Dan Sdit Al Fikri Bekasi. Education And Human Development Journal (EHDJ), 4 (1). pp. 11-24. ISSN 2541-0156

[img]
Preview
PDF
Pengembangan Strategi Movie Learning pada Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Kelas 2 Di SD Silaturahim Islamic School Bekasi Dan Sdit Al Fikri Bekasi.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: https://journal2.unusa.ac.id/index.php/EHDJ/articl...

Abstract

Keberhasilan pendidikan sebuah negara tercermin dari kualitas karakter pemimpin dan masyarakat negara tesebut. Pendidikan karakter sudah tidak bisa lagi dianak tirikan, dipandang sebelah mata atau hanya sebagai jargon-jargon kebaikan tanpa jelas aplikasinya di sekolah. Dalam system pendidikan di Indonesia pendidikan karakter sebenarnya sudah mendapat tempat, namun sayangnya, banyak tenaga pendidik yang masih kebingungan cara penerapannya kepada peserta didik, baik secara konten maupun dalam hal metode penyampaiannya. Akhirnya, banyak tenaga pendidik mengajarkan tema karakter terjebak dalam metode ceramah, satu arah, tidak menyenangkan peserta didiknya. Ketika hal tersebut terjadi bertahuntahun, hasilnya adalah peserta didik belum mampu memunculkan karakter positifnya dalam pergaulannya sehari-hari. Berdasarkan kondisi di atas, penelitian ini berusaha memberikan solusi dari rumusan masalah belum populernya strategi movie learning dalam pembelajaran yang bertemakan karakter, dengan mengangkat judul Pengembangan Strategi Movie Learning Pada Pendidikan Karakter Sekolah Dasar Kelas 2 di SD Silaturahim Islamic School Bekasi dan SDIT Al Fikri Bekasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model rancangan Dick & Carey dengan 9 tahap dan menggunakan model uji coba triangulasi. Subyek penelitian ini adalah para peserta didik kelas 2 Sekolah Dasar, dengan ditambah data dari 2 (dua) pihak yang terkait, yaitu pihak ahli media dan pihak tenaga pengajar. Dari hasil uji coba di lapangan (di kelas), diperoleh temuan yang cukup menggembirakan bahwa strategi movie learning sangat efektif untuk mengajar tema karakter. Produk ini jika dikembangkan lebih luas akan menjadi revolusi pembelajaran karakter. Pemahamam peserta didik tentang tema karakter yang diajarkan sangat maksimal.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Strategi Mengajar, Movie Learning.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Education > Program Study of Primary Teacher Education
Depositing User: Mr. . Aji
Date Deposited: 26 Dec 2019 08:03
Last Modified: 26 Dec 2019 08:03
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/5833

Actions (login required)

View Item View Item