PUTRI PERTIWI, DIAN
(2015)
EFEKTIFITAS PENERAPAN METODE BERNYANYI TERHADAP PERILAKU MENCUCI TANGAN PADA SISWA KELAS 4 DI SDN PEGIRIAN 1 SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Pengetahuan kesehatan mencuci tangan sebelum makan dan sesudah makan perlu adanya penanaman pembelajaran yang mudah dan menyenangkan. untuk itu agar terrealisasikan perlu adanya metode yang dimengerti anak berupa metode bernyayi, atau bermain, yang kesemuanya dapat ditanamkan untuk melakukan kebersihan diri bagi anak. Tujuan penelitian ini menganalisis efektifitas penerapan metode bernyanyi terhadap perilaku mencuci tangan pada siswa kelas 4 di SDN Pegirian 1 Surabaya.
Desain penelitian analitik dengan pendekatan pra-eksperimen dengan menggunakan pola desain “the one group pre-test and post-test design”. dengan populasinya adalah semua siswa kelas 4 di SDN Pegirian 1 Surabaya sebesar 40 siswa. Teknik sampling Simple Random sampling. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi. Variabel ini adalah penerapan metode bernyanyi pada perilaku mencuci tangan. Data dianalisis dengan uji statistik uji will coxson dengan α = 0,05.
Hasil penelitian didapatkan kelompok perlakuan mempunyai ρ = 0,000 < dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa efektifitas penerapan metode bernyanyi terhadap perilaku mencuci tangan pada siswa kelas 4 di SDN Pegirian 1 Surabaya ada perubahan yang tidak signifikan pada kelompok kontrol.
Semua pihak diharapkan memberikan pendidikan yang baik dalam hal memberikan pendidikan berupa kebiasaan mencuci tangan dengan benar untuk menjaga kesehatan diri sejak dini sebelum anak makan agar terhindar dari berbagai penyakit.
Actions (login required)
|
View Item |