FITRIANI, IDA ZULFA
(2020)
HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN PERSONAL HYGIENE DIRUANG RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM A.YANI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Personal Hygiene termasuk dalam tindakan pencegahan primer yang
spesifik dan menjadi penting karena Personal Hygiene yang baik akan
meminimalkan pintu masuk mikroorgansme yang ada dimana mana dan pada
akhirnya mencegah seseorang terkena penyakit oleh kaena itu caring merupakan
inti atau fokus dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan
profesional. Tetapi pada kenyataannya banyak perilaku yang kurang pada caring
padahalperilaku perawat dalam pemberian asuhan atau perawatan dengan
perhatian penuh untuk kesembuhan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui
hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasiwn dalam pemenuhan
kebutuhan Personal Hygiene di ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam A.Yani
Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan analitik. Dengan jumlah populasi
sebanyak 89 responden, yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan jumlah
sampel sebanyak 73 responden melalui teknik Proportional Random Sampling.
Teknik pengumpulan data dilakukan pemberian kuisioner, yang kemudian
dianalisis dengan menggunakan uji chi square dengan tingkat kemaknaan =
0,05.
Hasilpenelitian menunjukkan bahwa dari 73 responden hampir seluruhnya
60 (82,2%) caring perawat dalam pemenuhan personal hygien pasien positif, serta
kepuasan pasien menunjukkan bahwa hampir seluruhnya 63 (86,%) kepuasan
pasien puas. Hasil analisis dengan uji Chi-Square dengan t ingkat signifikan α =
0,05 didapatkan nilai p = (0,000) yang berarti ada hubungan perilaku caring
perawat dengan kepuasan pasien dalam pemenuhan kebutuhan personal hygiene
ruang rawat inap di Rumah Sakit Islam A. Yani Surabaya.
Simpulan dari penelitian ini adalah perilaku caring perawat yang baik akan
menghasilkan tingkat kepuasan pasien yang positif terutama pada penanganan
personal hygien pasien. Oleh karenanya perlu adanya peningkatan kinerjanya
yang baik khususnya pada pemenuhan kepuasan pasien rawat inap.
Actions (login required)
|
View Item |