PRADANA, YOSY PRAMITA
(2019)
PENERAPAN TERAPI BERMAIN PUZZLE TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK USIA PRA SEKOLAH YANG MENGALAMI HOSPITALISASI DI RUANG MADINAH RUMAH SAKIT ISLAM A.YANI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Kecemasan merupakan perasaan paling umum yang dialami oleh pasien
anak usia prasekolah. Perasaan cemas tersebut ialah dampak dari hospitalisasi
yang dialami anak, kecemasan yang dialami anak berisiko dapat mengganggu
tumbuh kembang dan proses penyembuhan. Untuk mengurangi tingkat kecemasan
dapat diberikan terapi bermain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan
terapi bermain Puzzle terhadap tingkat kecemasan pada anak usia pra sekolah
yang mengalami hospitalisasi di Ruang Madinah Rumah Sakit Islam A.Yani.
Surabaya.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif melalui pendekatan studi
kasus. Subyek penelitian ini adalah 2 pasien anak yang mengalami hospitalisasi
dengan masalah keperawatan ansietas (cemas) di Ruang Madinah Rumah Sakit
Islam A.Yani Surabaya. Pengambilan data menggunakan metode wawancara,
observasi, dan asuhan keperawatan.
Hasil dari penerapan terapi bermain puzzle yang dilakukan 1x1 hari dengan
waktu ±35 menit selama 3 hari berturut-turut ini didapatkan bahwa terdapat
penurunan tingkat kecemasan pada anak yang mengalami hospitalisasi.
Terapi bermain puzzle yang diterapkan pada anak yang mengalami
hospitalisasi efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan pada anak. Oleh sebab
itu perawat diharap dapat menerapkan terapi bermain di ruang Madinah Rumah
Sakit Islam A.Yani Surabayan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya
hospitalisasi pada anak
Actions (login required)
|
View Item |