MAULA, NIMATUL
(2019)
PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MASALAH KEPERAWATAN ANSIETAS SELAMA TINDAKAN PEMASANGAN INFUS PADA ANAK SEKOLAH (6 - 12 TAHUN) DI UGD RSI JEMURSARI SURABAYA.
[Undergraduate Thesis]
Abstract
Anak yang dirawat dirumah sakit akan mengalami stress dan kecemasan
karena perpisahan, kehilangan, perlukaan tubuh dan rasa nyeri. Tindakan yang
dilakukan dirumah sakit tidak lepas dari tindakan invasif yang dilakukan, hal ini
dapat meningkatkan kecemasan pada anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui penurunan respon maladaptif (ansietas) dengan metode bercerita
selama tindakan pemasangan infus pada anak sekolah (6 – 12 tahun) di UGD RSI
Jemursari Surabaya.
Desain penelitian ini menggunakan metode deskriptif dalam bentuk studi
kasus. Subyek penelitian ini adalah 2 pasien anak yang mendapatkan tindakan
invasif pemasangan infus dan merasa cemas. Pengumpulan data dilakukan pada
tanggal 11 – 24 maret 2019 dengan menggunakan teknik wawancara, observasi
dan pemeriksaan fisik.
Hasil dari penerapan metode bercerita saat dilakukan tindakan pemasangan
infus didapatkan tidak bertambahnya tingkat kecemasan anak dan anak lebih
kooperatif saat dilakukan tindakan keperawatan.
Simpulan dari studi kasus ini, metode bercerita efektif untuk menurunkan
respon maladaptif (ansietas) pada pasien selama tindakan pemasangan infus di
UGD RSI Jemursari Surabaya. Perawat diharapkan dapat menerapkan metode
bercerita tersebut pada pasien anak saat dilakukan tindakan atau untuk
mengurangi kecemasan.
Actions (login required)
|
View Item |