IMANNIRA, ALFIONITA FIRLY NIRWANI (2014) HUBUNGAN STIMULASI VERBAL ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN BERBAHASA ANAK USIA 4-6 TAHUN DI TK NUR ILMI SURABAYA. [Undergraduate Thesis]
|
PDF
SR-KP-140049_abstract.pdf Download (19kB) | Preview |
Abstract
Anak mengalami keterlambatan berbahasa karena kurangnya intensitas orang tua untuk menstimulasi verbal. Maka dari itu sangat diperlukan stimulasi oleh orang tua yang berguna agar potensi berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan stimulasi verbal orang tua dengan perkembangan berbahasa pada anak usia 4 – 6 tahun. Desain penelitian menggunakan metode pendekatan cross sectional. Populasi sebanyak 44 orang tua dan siswa TK Nur Ilmi Surabaya dengan sampel sebanyak 40 orang tua dan siswa. variabel independent stimulasi verbal orang tua dan variabel dependent perkembangan berbahasa pada anak usia 4 – 6 tahun. menggunakan simple random sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner dan DDST. Data dianalisa menggunakan uji rank spearman dengan tingkat signifikasi α=0,005. Hasil penelitian didapatkan bahwa stimulasi verbal orang tua hampir setengahnya (40%) cukup; sebagian besar (57,5%) perkembangan berbahasa anak normal. Berdasarkan hasil uji statistik rank spearman didapatkan α = 0,005 yang artinya ada hubungan stimulasi verbal orang tua dengan perkembangan berbahasa anak usia 4 – 6 tahun. Penelitian ini berimplikasi bahwa stimulasi verbal orang tua berhubungan dengan perkembangan berbahasa anak. Sehingga semua pihak baik orang tua, sekolah, tenaga kesehatan agar memberikan stimulasi verbal dengan baik kepada anak agar perkembangan berbahasa anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
Item Type: | Undergraduate Thesis |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stimulasi Verbal, Perkembangan Berbahasa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor |
Depositing User: | Mrs. . Aidah |
Date Deposited: | 16 Dec 2016 05:59 |
Last Modified: | 16 Dec 2016 05:59 |
URI: | http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/604 |
Actions (login required)
View Item |