Bauran Pemasaran Dengan Bed Occupancy Ratio (BOR) (Marketing Mix By Bed Occupancy Ratio (BOR))

Muhith, Abdul and Saputra, Mukhammad Himawan and Nursalam, . (2013) Bauran Pemasaran Dengan Bed Occupancy Ratio (BOR) (Marketing Mix By Bed Occupancy Ratio (BOR)). Jurnal Ners, 8 (1). pp. 135-141. ISSN 2502-5791

[img]
Preview
PDF
Bauran Pemasaran Dengan Bed Occupancy Ratio (BOR) (Marketing Mix By Bed Occupancy Ratio (BOR)).pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review abdul muhith.pdf

Download (840kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin abdul muhith.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/3...

Abstract

Pendahuluan: Bed Occupancy Ratio (BOR) di RSI Arafah Mojosari selama 3 tahun terakhir di bawah rata-rata, dan merupakan angka yang terendah di RS di daerah Mojosari. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifi kasi hubungan antara marketing mix dengan BOR di RSI Arafah Mojosari. Metode: Sampel pada penelitian ini yaitu 44 responden yang diambil dengan teknik stratifi ed random sampling. Data penelitian yang dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Fisher Exact. Hasil: Hasil penelitian membuktikan bahwa lebih dari 50% responden menyatakan bahwa marketing mix dikembangkan oleh manajemen rumah sakit. Hasil penelitian yang lain menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki nilai BOR yang tidak seimbang. Uji Fisher Exact menunjukkan dengan nilai p=0,02<0,05 sehingga H0 di tolak, yang artinya terdapat hubungan antara marketing mix dengan BOR di RSI Arafah Mojosari. Pembahasan: Rumah sakit yang mampu mengembangkan bauran pemasaran yang sangat baik, dapat menarik konsumen untuk menggunakan layanan rawat inap di rumah sakit, dengan nilai BOR akan meningkat dengan peningkatan penggunaan layanan rawat inap. Manajemen rumah sakit harus mampu merumuskan strategi bauran pemasaran yang baik yang tujuan pemasaran rumah sakit dapat dicapai. Kesesuaian antara kualitas pelayanan dan tingkat pelayanan harus dibenahi, selain itu tingkat media promosi dapat menarik pasien untuk rawat inap

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemasaran, marketing mix, BOR
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 26 Jun 2020 08:45
Last Modified: 16 Mar 2021 04:47
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6153

Actions (login required)

View Item View Item