Kualitas Layanan Keperawatan (Studi Tentang Ruang Rawat Inap Rumah Sakit di Mojokerto)

Muhith, Abdul and Nurwidji, . (2014) Kualitas Layanan Keperawatan (Studi Tentang Ruang Rawat Inap Rumah Sakit di Mojokerto). Jurnal Ners, 9 (2). pp. 321-328. ISSN 2502-5791

[img]
Preview
PDF
Kualitas Layanan Keperawatan (Studi Tentang Ruang Rawat Inap Rumah Sakit di Mojokerto)..pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
PDF
peer review abdul muhith.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
PDF
turnitin abdul muhith.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/JNERS/article/view/2...

Abstract

Pendahuluan: Saat ini, tren kunjungan rumah sakit yang ada di Mojokerto menunjukkan kecenderungan menurun. Penyebab tren yang menurun diduga berasal dari unsur man (perawat), yaitu kualitas layanan keperawatan yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kualitas layanan keperawatan pada ruang rawat inap rumah sakit di Mojokerto. Metode: Penelitian merupakan explanatory menggunakan metode survey dengan pendekatan cross-sectional. Populasi adalah perawat dan pasien yang menjalani rawat inap minimal tiga hari di RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo dan RS Rekso Waluyo di Mojokerto. Data dikumpulkan dengan lembar kuesioner dan dianalisis dengan uji statistik Regresi. Hasil: 1) ada pengaruh yang signifikan positif langsung antara kemampuan kerja, etika rumah sakit, dan perilaku kepemimpinan terhadap komitmen perawat; 2) ada pengaruh yang signifikan antara faktor kemampuan kerja (identifikasi kerja, signifikansi kerja, otonomi, dan umpan balik) terhadap peningkatan kualitas layanan keperawatan; 3) ada pengaruh yang signifikan antara faktor etika rumah sakit (pengkomunikasian, berkaitan dengan industri, keharusan, dan spesifik) terhadap peningkatan kualitas layanan; 4) ada pengaruh yang signifikan antara faktor kepemimpinan rumah sakit (penantang risiko, memasyarakatkan atau mensosialisasikan visi misi, penggerak, penuntun, dan pendukung) terhadap peningkatan kualitas layanan keperawatan; 5) ada pengaruh yang signifikan antara komitmen perawat (rasa kepemilikan, keterkaitan, percaya pada pimpinan, dan kesesuaian nilai) terhadap peningkatan kualitas layanan keperawatan. Diskusi: Berdasarkan hasil penelitian diketahui untuk meningkatkan kualitas layanan keperawatan, maka manajemen RSU dr. Wahidin Sudiro Husodo dan RS Rekso Waluyo Mojokerto harus meningkatkan kemampuan perawat, pemberlakuan etika rumah sakit kepada seluruh perawat tanpa terkecuali, menyusun etika rumah sakit yang dapat mewakili berbagai kepentingan stakeholder, serta menjaga dan meningkatkan perilaku kepemimpinan di rumah sakit.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: keperawatan, kualitas, layanan (tangibility, reliability, responsiveness, assurance, empathy)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Nursing and Midwifery > Program Study of Nursing Bachelor
Depositing User: Mr. . Bagas
Date Deposited: 26 Jun 2020 11:19
Last Modified: 16 Mar 2021 04:59
URI: http://repository.unusa.ac.id/id/eprint/6157

Actions (login required)

View Item View Item